Pages

Friday 24 April 2009

Menulis Online


Berbagai macam profesi bertebaran di jagad raya ini. Hampir semua profesi melibatkan unsur menulis ke dalam pekerjaannya. Secara sadar atau tidak sadar, menulis terlibat dalam banyak profesi.

Seseorang yang sedang mengemban ilmu di sekolah ataupun universitas menjadikan menulis sebagai pekerjaan utamanya. Dokter menuliskan resep obat untuk pasiennya. Wasit pertandingan sepakbola pun menulis di catatannya mengenai skor pertandingan dan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selama pertandingan. Wartawan dan penulis menjadikan kegiatan menulis sebagai tumpuannya. Bahkan, malaikat Raqib dan Atid pekerjaan utamanya adalah menuliskan perbuatan manusia pada catatannya.

Menulis memberikan banyak manfaat. Dengan menulis, kita bisa menyampaikan pesan kepada seseorang atau khalayak banyak. Banyak penulis-penulis handal seperti Dale Carnegie dan John C. Maxwell yang mampu memotivasi para pembacanya. Jika tidak ada teman untuk mencurahkan perasaan, menulis merupakan cara yang ampuh utuk meluapkan emosi.

Menulis juga mampu menata pikiran. Merangkai kata dan kalimat sampai mengolah ide-de yang simpang siur. Proses penyusunan ide-ide itu akan membawa penulis pada pengenalan akan ide-ide orang lain dan pendapat pribadi penulis terhadap ide-ide tersebut.

Makna menulis pun meluas. Ketika kecil kita diajarkan bahwa menulis dilakukan menorehkan tinta diatas media berupa kertas. Namun, orang mengetik pun dikatakan menulis, seperti menulis di blog. Para blogger menulis di blog-nya dengan mengetik. Blogging bisa juga disebut menulis online.

Dewasa ini, sudah banyak blog yang beredar di dunia maya. Blog-blog tersebut mempunyai tema yang bervariasi seperti politik, pendidikan, e-commerce, serta blog-blog pribadi. Munculnya beberapa buku yang mengiming-imingi pengguna internet bisa mendapatkan uang melalui blogging, membuat dunia menulis online berkembang pesat.

Media-media pers konvensional pun sudah banyak yang menjangkau para konsumennya dengan membuat situs berita. Metrotvnews.com, swa.co.id, marketing.co.id, liputan6.com, kompas.com, dan republika.co.id merupakan sejumlah media pers yang melakukan ekstensi untuk menjangkau konsumennya yang tidak sempat membaca koran dan majalah atau pun menonton televisi.

Media menulis kian dipermudah. Jika Anda menyayangi bumi Anda, menulis online atau blogging merupakan cara tepat. Menulis sambil menyelamatkan bumi dengan cara mengurangi penggunaan kertas merupakan langkah yang bijak.

No comments: